Tips memulai karir sebagai freelancer

Saya memulai karir sebagai full freelancer kurang lebih sekitar 1 tahun lalu. Hasilnya bisa dibilang cukup untuk usaha saya. Pada dasarnya saya tidak terlalu giat mencari proyek dan terkadang dalam sebulan malah sibuk dengan proyek pribadi. Namun buat saya start awal menjadi freelancer cukup membuat saya puas karena dalam sebulan saya mendapat beberapa client bahkan ada yang cukup loyal. Karena itu saya ingin berbagi tips agar bisa memulai karir freelance dengan baik. Berikut tips saya:

  1. Sebelum memulai ada beberapa kriteria yang yang sebaiknya anda penuhi agar mempermudah karir anda sebagai freelancer. Bukan syarat mutlak namun sangat berpengaruh akan kemajuan karir freelancer anda. Syarat tersebut antara lain:
    • Menguasai bahasa Inggris, minimal baca tulis. Kalau tidak anda akan kesulitan untuk berkomunikasi dengan client anda.
    • Memiliki skill yang cukup untuk bersaing dengan freelancer lainnya. Anda harus mempunyai kemampuan yang dapat diandalkan sebelum masuk ke dunia freelancer karena bila anda mengecewakan klien maka akan berdampak pada reputasi anda seterusnya.
    • Akses internet yang lancar karena semua pekerjaan dan komunikasi melalui internet maka hampir dipastikan syarat ini harus dipenuhi.
    • Memiliki website sendiri sebagai portofolio anda sehingga klien dengan mudah mengetahui siapa anda. Tidak mutlak tapi sangat membantu untuk meyakinkan klien bahwa anda adalah orang yang dia cari.
  2. Daftar ke website penyedia project. Daftar web yang bisa dicoba bisa lihat di tulisan saya sebelumnya “Website untuk para creative freelancer”. Untuk permulaan saya menyarankan menggunakan getafreelancer.com(GAF) karena banyak proyek kecil yang bisa anda coba ikuti. Selain ga ribet harus test, bikin proposal, dan prosedur lainnya yang banyak digunakan di website lain GAF juga tidak terlalu membatasi freelancer dalam jumlah mengikuti penawaran proyek. Tidak seperti website lain yang sangat membatasi jumlah keikutsertaan dalam penawaran proyek untuk account gratis. Untuk memiliki kesempatan lebih ikut dalam penawaran anda harus membayar sekian dollar untuk website lainnya.
  3. Setelah mendaftar, silakan cari proyek yang anda ingin ikuti. Berikut adalah saran dalam memilih proyek:
    • Pilih proyek yang pasti bisa anda selesaikan. Kalau perlu lakukan riset terlebih dahulu sebelum mengikuti penawaran.
    • Jangan tamak dan langsung ikut menawar pada proyek bernilai besar. Mulailah dengan proyek kecil dengan tujuan mengumpulkan review dan feedback dari client sebanyak mungkin.
    • Baca secara detail requirement proyek dan pastikan anda memahami apa yang diinginkan oleh pemilik proyek.
    • Sebaiknya anda memilih spesialis anda, misalnya anda spesialis WordPress, Drupal, atau CMS lainnya. Dengan demikian anda memiliki feedback yang sesuai dengan spesialis anda dan lebih meyakinkan klien lain bila anda menawar proyek serupa yang pernah anda kerjakan sebelumnya.
  4. Setelah memilih proyek, saatnya membujuk klien anda agar memilih anda dalam mengerjakan proyek miliknya. Caranya bisa seperti berikut:
    • Perkenalkan secara singkat diri anda dan kemampuan anda.
    • Yakinkan klien bahwa anda mengerti apa yang klien anda inginkan.
    • Berikan saran atau ide yang dapat membuat proyek klien jadi lebih baik.
    • Tunjukkan apa yang pernah anda buat sebelumnya, sebaiknya tunjukkan karya anda yang kira-kira mirip dengan proyek yang anda tawar.
  5. Bila klien anda tertarik dan membalas pesan anda. Jangan sia-siakan kesempatan. Bujuk rayu dan yakinkan klien bahwa anda tidak akan mengecewakan klien. Namun pastikan requirement, prosedur pengerjaan, biaya, dan pembayaran telah jelas sebelum anda deal dengan klien anda.
  6. Selamat, anda terpilih untuk mengerjakan proyek ini. Bila email pemberitahuan telah sampai di inbox anda, anda harus segera menyiapkan segala sesuatunya untuk memulai proyek anda. Anda bisa menggunakan beberapa tool kolaborasi untuk memudahkan komunikasi dengan klien anda.
  7. Selama pengerjaan proyek, pastikan klien anda mengetahui apa yang anda sedang kerjakan. Minimal 3 hari sekali anda memberikan laporan kepada klien anda. Makin sering makin baik, misalya sehari sekali.
  8. Minta review dan komentar klien anda untuk proyek yang sedang anda kerjakan. Misalnya selesai bagian tampilan, tanyakan komentarnya agar bila ada perubahan tidak perlu dilakukan perubahan besar-besaran bila hal ini anda lakukan di akhir proyek.
  9. Pastikan permintaan klien selama pengerjaan proyek tidak melenceng dari requirement proyek. Bila hanya perubahan kecil maka bisa saja anda penuhi, namun bila perubahan termasuk besar mungkin anda bisa mengajukan perubahan anggaran biaya proyek.
  10. Pastikan klien anda puas dengan pekerjaan anda dengan menyelesaikan proyek tepat waktu dan sesuai dengan requirement proyek. Karena besar kemungkinan klien anda akan meminta anda melakukan pekerjaan lain bila ia puas dengan pekerjaan anda.

Demikianlah tips dari saya dalam memulai karir freelance anda. Karena besar kemungkinan bila anda tidak memulai dengan baik dan anda merasakan kegagalan dengan freelance maka anda dapat saja trauma dan tidak ingin melakukannya lagi. Padahal bisa saja kegagalan tersebut bukan karena ketidakmampuan anda, akan tetapi hanya karena kekurangtauan anda bagaimana memulainya dengan baik. Selamat mencoba.

We have 23 comments in this post, add more by leave yours below.

  1. Mantap tipsnya, saya lagi bingung soalnya, apa mau jadi freelance apa jadi kantoran. Keduanya ada kekurangan dan kelebihan masing-masing.

    Tapi dengan tips ini saya jadi “rada” tau apa yang saya inginkan, tapi tetep aja bingung hehehe.

  2. Kalau kata saya sih, mending dua-duannya jalanin mas. Tapi kerja kantoran yang ga nyita banget waktu dan tenaga. Ya pasti gajinya ga segede kerja kantoran yang benaran butuh tenaga dan pikiran.

    Tapi selain kerja kantoran bisa sambil freelance. Jadi keduanya terpuaskan. Hehehe..

  3. Iya sih, idealnya kaya gitu, tapi realisasinya repot. Masalahnya susah juga nyari kerja kantoran yang fleksibel dan ga nyita waktu banget. Disisi lain saya pingin freelance karena kreatifitas saya ga akan terbatasi seperti kantoran.

  4. wew,…
    good information,…

    pengen gabung, mohon petunjuk

  5. Sepertinya saya harus meningkatkan kemampuan saya untuk bisa cepat-xepat jadi freelancer

  6. Tantangan buat semua nya ini. Freelancer juga bisa menjadi impian. Karena bidang wirausaha yang benar2 mandiri di Indonesi masih dikit.

    Artikel ini cukup membantu.
    baru ada 1 % pengusaha mandiri diIndoensia,padahal di USA sudah lebih dari 14%. dan 70% nya sukses.

    Sukses selalu,
    Stragei bisnis dan marketing
    http://www.ipan.web.id

  7. Saya dan team adalah Freelancer CAD/CAM mungin ada yang berminat dengan kemampuan saya.
    Saat ini saya dan team menguasai.
    * C A D Software
    1.Pro/ENGINEER Wildfire3.0.
    2.AutoCAD 2008.
    3.Mechanical Desktop 2008.
    4.Catia V5 Release 18
    5. Autodesk Inventor Suite 2008.
    6. Unigraphic NX.5
    Untuk mengenal lebih jauh tentang kami, anda dapat masuk ke

    http://www.geocities.com/askone1974
    http://www.jasa-cadcam.co.cc

    atau telp ke 0813 1767 2406 (Aswan)

  8. good bos..
    pengen juga dapet project , tapi susah bos kayaknya …

  9. aha..lam kenal bos! gut info…
    sesama freelancer(tapi masi nubie)
    sapa tau kecipratan proyek, hehe…

  10. Artikel anda di

    http://karir-pekerjaan.infogue.com/tips_memulai_karir_sebagai_freelancer

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

  11. pengalaman saya gabung sama GAF ..emang lumayan susah buat dapet projectnya (apa gara2 kurang serius ya??). tapi malahan saya lebih merasa mudah buat dapetin proyek sendiri dengan buat penawaran kerjasama IT ke beberapa perusahaan di lingkungan saya

  12. Wah, saya berminat tuh soal 99designs.com..tapi saya bingung kalo menang gimana saya dapet duitnya , secara saya cuma punya rekening bank lokal…ga ada kredit card juga…
    mohon petunjuk

    • Bisa daftar di paypal.com trus beli VCC(Virtual Credit Card) untuk ngaktifin paypalnya dari penjual VCC. Penjual VCC bisa add YM-nya “palupi.dewi”. Dia tuh jualan VCC untuk aktifasi paypal.

      Paypal kalau tidak diaktifkan fungsinya terbatas cuma beberapa transaksi aja. Nanti kalau dana sudah masuk di rekening paypal bisa ditransfer ke rekening bank lokal.

  13. tips nya mantaf gan..neh lagi coba terjun ke freelancer.
    ngikut kerja ma orang kurang cocok, karena g menginginkan kebebasan berkarya :D .
    main2 ke blog ku ya gan

  14. mantaps,,,jadi semakin semangat lagi untuk cari duit…hehehehe

  15. oalaahh in freelancer web and deseign grafis ta dari tadi g mudeng wokwokowkokw

  16. susahnya cari duit di indonesia, memaksa banyak dari kita menjadi tenaga asing , bahkan ada yang sampai bunuh diri sepulang dari merantau, karena mereka harus membayar hutang dari biaya yang mereka gunakan berangkat keluar negri, sebuah ironis, ada yang bunuh diri karena disiksa, ada yang bunuh diri karena tak sanggup menerima beban sepulang dari luar negri, tapi dari sekian itu, masih banyak yang sukses jadi TKI. terima kasih tki, pahlawan pejuang devisa

  17. Terima kasih informasinya, untuk dapat saya bayang2kan ilustrasinya..

  18. Wedeh mantap, poin2nya jg byk lg..keren..

  19. Makasi ya tips yang bermanfaat
    Baru mulai belajar nih
    informasi pay pal..membantu banget
    Salam kenal ya

Connect with us

thinkrooms on Facebook

Related Post


Fatal error: Class 'TPostList' not found in /home/thinkroo/public_html/thinkrooms.com/wp-content/themes/thinkrooms2010/mvc/models/TPost.php on line 311