Manajemen Bisnis – Prinsip dan Standarisasi Manajemen Perusahaan

Pendahuluan

Bisnis merupakan kegiatan dalam menjual produk atau jasa agar memberikan keuntungan bagi pemiliknya. Bisnis merupakan kegiatan beresiko memberikan kerugian baik dari segi material atau non-material. Namun bila berhasil maka akan memberikan keuntungan dan kesejahteraan bagi pemiliknya. Agar terhindar dari resiko bisnis maka bisnis harus dijalankan dengan tepat dengan perencanaan yang matang dan pelaksanaan yang serius dan mantap. Bisnis terdiri atas beberapa komponen penting yang saling mendukung dan melengkapi. Bila salah satu komponen gagal maka akan mengganggu komponen lain. Berikut adalah komponen-komponen bisnis tersebut:

  • Manajemen, yaitu bagian yang merencanakan, mengelola, dan menjalankan bisnis. Komponen ini bisa disebut sebagai backend yaitu komponen yang berada di belakang layar.
  • Kekuatan brand atau image, yaitu karisma, kekuatan emosional yang dimiliki oleh perusahaan dan merupakan pandangan/perasaan masyarakat terhadap perusahaan atau produk.
  • Produk atau Layanan, komponen yang dijual atau ditawarkan kepada pasar. Komponen ini bisa disebut sebagai front end karena komponen ini berada didepan. Komponen inilah yang berhadapan dengan masyarakat.
  • Partner, yaitu pihak yang ikut membantu dalam menjalankan bisnis.
  • Pelanggan, yaitu pihak yang akan menerima tawaran atau membeli produk dan layanan yang ditawarkan.

Saya akan membahas komponen-komponen diatas satu persatu disertai kriteria, prisip, dan standar yang perlu dipenuhi agar tiap komponen dapat berfungsi maksimal sesuai yang diharapkan. Tiap komponen tidak dapat berdiri sendiri karena gangguan pada satu komponen akan mengganggu komponen lain. Saya akan menulis pemikiran saya berdasarkan pengalaman, buku-buku manajemen bisnis, dan studi kasus pada perusahaan-perusahaan tertentu. Pada posting ini saya akan membahas pada komponen Manajemen. Dan saya akan teruskan pada tulisan-tulisan berikutnya.

Manajemen

Manajemen suatu perusahaan adalah nyawa dari suatu perusahaan. Manajemen yang menentukan pertumbuhan atau kebangkrutan suatu perusahaan. Dengan adanya suatu pengelolaan dan manajemen yang baik maka suatu perusahaan akan mampu bertahan dari segala tekanan, kendala, dan rintangan yang ada. Bahkan akan berkembang menjadi lebih besar dan lebih baik lagi. Dalam mengelola perusahaan maka ada prinsip dan standarisasi dimana hal-hal tersebut akan sangat membantu perkembangan perusahaan bila diterapkan dengan baik. Prisip dan standar ini bukanlah nilai mutlak dalam kesuksesan suatu perusahaan. Tidak selamanya suatu perusahaan yang telah melakukan segala sesuatunya dengan baik akan sukses. Terkadang ada beberapa kendala atau halangan yang tidak dapat dihindari contohnya tertipu rekan kerja atau tertimpa bencana serta kendala-kendala lainnya. Berikut adalah beberapa prinsip dan standarisasi yang diharapkan mampu mendukung kemajuan dan perkembangan suatu perusahaan:

  1. Perancanaan yang Matang
    Sebelum suatu perusahaan berdiri maka biasanya modal merupakan kendala awal yang harus dipenuhi sebelum perusahaan berjalan. Tidak selamanya modal besar pasti memberikan keuntungan besar. Pengelolaan modal yang efektif dan efisien akan memberikan keuntungan yang maksimal. Untuk kita kita harus melakukan perhitungan modal dan biaya yang diperlukan untuk operasional perusahaan dalam jangka beberapa waktu ke depan. Kita harus mampu memberikan anggaran yang aman untuk operasional perusahaan dalam beberapa waktu kedepan. Jadi bukan mengamankan anggaran hanya untuk hari ini dan besok. Dengan adanya pengamanan anggaran dalam jangka panjang maka perusahaan akan mampu bertahan bila mengalami kendala atau bencana yang sifatnya mendadak dan tidak diperhitungkan sebelumnya.
    Dengan melakukan perencanaan dan perancangan perusahaan secara matang maka perusahaan akan siap menghadapi berbagai kendala dan rintangan karena telah diperhitungkan sebelumnya. Misalnya dalam membuat suatu produk maka kita harus melakukan penelitian terlebih dahulu mengenai pasar, konsumen, produk pesaing, dan kendala-kendala yang mungkin akan muncul agar produk kita tepat sasaran dan tidak gugur bila terkena berbagai tekanan dan kendala yang muncul. Saat ini penggunaan teknologi informasi dalam kegiatan bisnis mampu memudahkan dan mempercepat perencanaan perusahaan. Sistem yang digunakan disebut Enterprise Resource Planning(ERP) dimana sistem ini melakukan perencanaan dengan konsep Manajemen Operasional dengan suatu aplikasi yang terintegrasi. Beberapa kegiatan manajemen dapat terbantu dengan sistem ini seperti inventory management, financial management, reporting, manufacturing management, dan kegiatan lainnya.
  2. Sumber Daya Manusia yang Berkualitas, Loyal, dan Sejahtera.
    Sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas merupakan kunci penggerak perusahaan. Dengan adanya SDM yang mampu menggerakkan perusahaan dengan baik maka suatu perusahaan akan mampu berkembang dan melakukan bisnisnya dengan efektif dan efisien. SDM yang berkualitas tidaklah cukup untuk menjalankan perusahaan dalam jangka panjang. Diperlukan loyalitas pegawai terhadap perusahaan tempat dimana dia bekerja. Dengan membangun hubungan emosional antara perusahaan dan pegawainya maka seorang pegawai akan berusaha semaksimal mungkin memberikan kontribusi terbaik buat perusahaan. Tanpa adanya hubungan emosional antara perusahaan dan pegawai maka pegawai hanya menjalankan kewajibannya tanpa memberikan seluruh kemampuannya untuk perusahaan. Bila kewajibannya telah dilakukan maka dia hanya akan berjalan ditempat tanpa memberikan inovasi, kreatifitas, dan ide cemerlang yang sebenarnya bisa dilakukan bila pegawai memiliki ikatan emosional yang membuat dia ingin ikut membangun dan mengembangkan perusahaan menjadi lebih baik.
    Sumber daya manusia yang berkualitas, dan loyal belum tentu dapat memberikan kontribusi terbaik yang dimilikinya. Manusia yang memiliki kebutuhan tentu akan berusaha agar dapat memenuhi segala kebutuhannya. Bila seorang pegawai merasa bahwa penghasilan yang dimilikinya tidak memenuhi kebutuhannya maka tentu dia akan berusaha untuk mencari jalan agar dapat memenuhi seluruh kebutuhannya. Bila hal ini terjadi maka pegawai mencari kerja sampingan yang akan menyita waktu, pikiran, dan tenaganya sehingga ia tidak dapat memberikan kemampuannya secara maksimal pada perusahaan. Mengapa terkadang beberapa perusahaan melakukan meeting, atau penyusunan anggaran di hotel padahal kantor mereka memiliki fasilitas yang sama dengan hotel? Mungkin buat sebagian orang hal ini adalah pemborosan, tapi dampak baiknya adalah para peserta meeting atau rapat akan lebih berkosentrasi dan memberikan pemikiran mereka secara maksimal tanpa terganggu oleh masalah lainnya seperti macet di perjalanan ke kantor, permasalahan di rumah, dan kendala-kendala di luar perusahaan. Dengan adanya dukungan dari perusahaan agar pegawai tidak dipusingkan oleh hal-hal lain diluar perusahaan maka pegawai diharapkan dapat memberikan kontribusi maksimal buat perkembangan perusahaan.
  3. Manager yang Terbuka, Tegas, dan Demokrat
    Kepemimpinan seorang manager merupakan penunjuk jalan yang benar bagi perusahaan. Mereka adalah nakhoda kapal yang akan menentukan apakah perusahaan akan mencapai tujuan atau tidak. Jiwa kepemimpinan yang berwibawa harus dimiliki oleh seorang manager perusahaan, namun dengan wibawa bukan berarti bersikap tertutup terhadap pegawainya. Justru sikap terbuka seorang pemimpin yang mau menerima masukan dan saran dari bawahannya akan membantu seorang manager dalam memimpin perusahaan atau departement yang dibawahinya. Ketegasan dalam memimpin dan mengambil keputusan sangat diperlukan oleh seorang manager, karena di tangan mereka keputusan akan jalan yang ditempuh oleh perusahaan akan menentukan perkembangan dan operasional perusahaan. Manager juga harus dapat mempertanggung jawabkan keputusan mereka di depan direksi tidak melulu menyalahkan bawahan yang tidak becus melakukan perintahnya. Sebaiknya setiap pengambilan keputusan melibatkan banyak pihak, baik itu bawahan ataupun pihak lain yang terkait. Dengan adanya masukan dari yang lain maka manager dapat mempertimbangkan dan mengambil keputusan yang tepat dan memuaskan banyak pihak.
    Hubungan antara manager dan bawahan juga harus baik dan terjaga. Sebisa mungkin ada hubungan 2 arah antara manager dan bawahan, bukan hubungan searah dimana manager terus-terusan memberi perintah kepada bawahan tanpa mau mendengar keluhan dan perasaan bawahannya. Bila ada hubungan harmonis seperti keluarga dalam suatu perusahaan maka akan tercipta team kerja yang solid dan kuat dalam menjalankan perusahaan.
  4. Lingkungan Kerja yang Nyaman dan Mendukung
    Seorang pekerja menghabiskan hampir setengah hidupnya dalam sehari berada di kantor. Sehingga kantor merupakan tempat kedua setelah rumah yang menjadi tempat terlama dimana pekerja berada. Untuk itu lingkungan kantor yang nyaman, kondusif, dan mendukung pekerjaan mutlak diperlukan. Lingkungan kerja bukan berarti hanya kantor saja, akan tetapi termasuk suasana kerja, dan hubungan antar pegawai perusahaan. Bila salah satu bagian dari lingkungan kerja tersebut ada yang membuat tidak nyaman seorang pekerja maka akan berdampak terhadap menurunnya kinerja dan kontribusi pegawai tersebut terhadap perusahaan.
    Kantor adalah tempat bekerja dimana kenyamanan kantor bergantung pada kebersihan, kerapian, ketenangan, keindahan, suhu dan udara yang sesuai, serta tata letak furniture dan ruangan yang baik. Perangkat kerja yang mendukung juga perlu diperhatikan. Jangan memaksakan penghematan terhadap perangkat kantor yang dapat menghambat pekerja. Beberapa perusahaan terkadang mempertahankan komputer tua yang suka crash dengan alasan masih dapat dipakai padahal justru kelambatan dan tuanya perangkat membuat waktu bekerja dan terkadang menghambat pekerja pada saat perangkat tua tersebut rusak. Kantor yang nyaman akan membuat pegawai betah dan tidak terburu-buru ingin meninggalkan kantor sehingga pekerja lebih berkosentrasi dalam melakukan pekerjaannya. Suasana kekeluargaan di kantor perlu dibina agar pegawai merasa sebagai bagian dari perusahaan dan memiliki rasa tanggung jawab terhadap perusahaan untuk menjaga nama baik perusahaan. Jangan sampai ada sifat iri, sinis, atau ada pertikaian antar pegawai karena akan mengganggu pekerjaan dan kinerja perusahaan.
    Perlu diperhatikan juga bagaimana pegawai berangkat dan pulang dari kantor. Bila pegawai tinggal terlalu jauh dari kantor maka perlu dipikirkan bagaimana bila terkendala macet dan terlambat sampai dikantor. Ada baiknya perusahaan menyediakan jemputan karyawan karena selain membantu karyawan juga akan mengakrabkan karyawan karena ada waktu bercerita dalam perjalanan dari atau ke kantor.
  5. Terbuka dan Selalu Belajar
    Perkembangan dunia bisnis begitu cepat. Begitu banyak bidang yang mendukung suatu bisnis misalnya bidang teknologi informasi. Begitu banyak perubahan yang terjadi diluar perusahaan, karena itu kita tidak boleh tertutup dan harus berusaha menerima perubahan yang ada. Dengan selalu mempelajari perubahan dan perkembangan maka suatu perusahaan akan dapat bersaing dengan perusahaan lain dan tidak tertinggal oleh tren dan perkembangan yang terus berjalan. Perusahaan harus mempelajari dan menerapkan berbagai perkembangan dan perubahan yang mampu memberikan manfaat yang efektif dan efisien bagi perusahaan. Dengan demikian maka perusahaan akan selalu dapat berkembang, dan berjalan seiring dengan perubahan dan perkembangan yang ada.

Demikianlah sedikit tulisan mengenai manajemen. Tulisan diatas tentu masih memiliki kekurangan. Saya akan menambahkan tulisan diatas bila ada perubahan, atau pencerahan baru yang saya peroleh. Ditunggu saran dan kritiknya. Terima kasih.

We have 83 comments in this post, add more by leave yours below.

  1. salam kenal,
    pertanyaan saya bagaimana memaksimalkan kerja dan tanggung jawab karyawan.karena sering terjadi kasus kehilangan asset/barang perusahaan.thanks before..

    • Memaksimalkan kerja dan tanggung jawab karyawan tuh banyak caranya tapi melaksanakannya yang susah.

      Contohnya untuk memonitor kerja dan tanggung jawab karyawan bisa menggunakan timesheet. Timesheet digunakan untuk mengisi apa yang dikerjakan oleh karyawan setiap hari. Mungkin bisa diisi seminggu sekali.

      Masalah kehilangan asset/barang perusahaan mungkin harus dibuat penanggung jawab atas tiap asset perusahaan. Misalnya si pengguna. Trus melakukan inventarisasi asset dan memonitor keluar masuk asset.

      Ide di atas tuh cuma sebagian ide, mungkin masih banyak cara lain untuk mengatasinya.

  2. saya punya perusahaan kecil bergerak dibidag jahit pakaian khususnya kebaya dan rias pengantin.sudah berjalan selama 4 thn.bagaimana caranya supaya perusahaan tetap berjalan dan mengalami kemajuan sehingga bisa bersaing dengan perusahaan lain.trims sarannya

  3. Penting untuk menjaga dan meningkatkan kualitas produk anda, karena konsumen anda juga akan mempromosikan produk anda bila mereka puas.

    Coba beriklan pada media-media yang sesuai misalnya pada majalah wedding. Atau bisa juga ikut pameran agar anda dapat mempromosikan produk anda.

    Sebaiknya anda juga menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang bisa membantu memasarkan bisnis anda misalnya dengan bekerja sama dengan wedding organizer.

    Ada banyak cara untuk berkembang, namun pada adan dapat memulai hal kecil seperti jaga serta tingkatkan kualitas, promosi yang tepat, dan bekerja sama dengan pihak lain.

  4. Sukses bro,
    tengah malam ini sy agak susah tidur… mikir bentuk manajemen perusahaan, mulai dari pengaturan kerja, rencana kerja, dan… banyaklah…
    pas search di google ktemu dah dengan postingan ini…
    EUREKA!!
    But.. semua isi postingan ini sbenarnya ada dalam kepala sy jg sih (swear bro!!) cuma menyusunnya itu udah aga susaaaaah banget.. soalnya usaha yang saya bangun secara kolektif sejak 24 Juli thn 2002 lalu ini (otaknya sy bro) asli dari nol!! modal publikasinya dari jalan kaki… trus naik angkot.. trus motor.. and skr mash tetap mtor bro.
    Dari waktu yang ‘lari’ tersebut, dari hitungan menit memang udah sangat lama bro (??kira2 3.543.860 menit??).
    Tapi seimbang ama personil sy yang umumnya cuma tamatan SMP bro!!
    Jadi waktu yg banyak itu bukan cuma cari uang sj, but sy harus siapkan jadwal latihan teknis buat mereka sekaligus pola pikirnya…
    Singkatnya.. baru aja tadi (jam 10-an pagi 20 April 2009)statusnya kami udah jadi PT. rope&works.. harapannya biar bisa naik grid lagi bro.
    Yang menarik … “Tidak selamanya modal besar pasti memberikan keuntungan besar..” ini sy senang bro… swear!!
    Cma idealnya menurut sy tetap ada sama -keberanian- (tetap perhitungan pastinya>>> berani dlm arti luas bro) and dukungan “keberanian menerima hasil atas modal yg ada”… ‘teori keseimbangan masih berlaku’ bro..
    ngga mungkinlah kita ngadain rapat di hotel tanpa dukungan modal besar and tujuan yang besar juga bro… and sebaliknya..
    trus… apalagi ya???
    ya udah.. itu aja dl ya bro.. setidaknya.. postingan ini sdh mencerahkan otak kusut sy.. thanks banget ya bro
    keep touch!!!

    • Senang saya membaca komentarnya karena tulisan ini bisa mencerahkan otak anda. Tidak banyak orang mau berkomentar panjang lebar di blog ini dan andalah salah satunya. Terima kasih, dan sukses..

  5. salam kenal
    saya dalam membuka bisnis baru tentunya masih minim dana yang ada, pertanyaan saya bagaimana membuat karyawan kita menjadi loyal kepada kita dengan gaji yang kecil.

    • Wah, karyawan bisa loyal walau gaji kecil memang sedikit susah. Tapi berikan hal lain yang bisa anda berikan bila gaji pantas tidak dapat anda berikan. Misalnya jatah makan harian, tunjangan kesehatan, dan lain-lain. Pada intinya seseorang biasanya bisa loyal seandainya dia merasa nyaman bekerja ditempat tersebut. Jadi buatlah pegawai anda merasa nyaman sebaik mungkin. Kalau tidak, bersiap-siaplah gonta-ganti pegawai.

  6. halo..

    pertama” saya mau ngucapin terima kasih sebesar”nya kepada orang yang telah mem-publish blog ini…

    saya mau minta tolong nih…
    saya mau buka usaha baru, tapi masih bingung pada kendala” yang akan datang nanti…

    nah disini saya mau minta mas berbagi pengalaman bisnis mas tentang kendala” yang akan dihadapi oleh usaha yang baru aja dibangun..

    FYI: bisnis yang mau di jalankan adalah usaha dagang yang menjual produk” home made seperti makanan dan minuman (kue, waffle atau jus) di dalam Mall.

    terima kasih atas bantuannya mas.

    • Kalau menurut saya sih pasti ada kendala yang dihadapi oleh usaha baru. Namun kendala itu tentu selalu berbeda. Entah itu lambatnya penjualan, atau produksi yang lambat, dsb. Apalagi usaha berjualan di mall tentu buntu modal awal untuk sewa tempat dan segala macam. Karena itu dibutuhkan promosi intensif untuk memperkenalkan jualan anda dan memperoleh pelanggan secepatnya. Karena kalau tidak anda bisa merugi karena keuntungan tidak menutupi biaya operasional.

  7. hai……..
    gw cma mo blang thanks ja ma lo yang da mem-publish blog ne.
    lo mang gw bgt…

  8. salam bos..
    nie saya ada kesulitan dalam sebuah perusahaan, kebetulan saya yang bertanggung jawab di perusahaan tersebut.
    di mana kesulitan saya adalah ada kelemahan produk di dalam perusahaan saya sedangkan saya tidak punya kuasa untuk memperbaiki produk tersebut ( perusahaan induklah yang mempunyai kuasa untuk perbaikan produk tersebut ) jadi apa yang harus saya lakukan dengan situasi seperti ini produk yang ga berkuwalitas membuat cabang perusahaan yang saya pimpin menjadi turun dalam penjualan…
    trimakasih sebelumnya..
    salam dari
    Nama : anif rijalul isalami
    email: anifrijalulislami@yahoo.com

    • Wah susah juga sih kalau perusahaan anda hanyalah sebuah distributor dari produk orang lain. Sebaiknya anda melakukan seleksi terlebih dahulu sebelum anda mendistribusikan suatu produk. Pastikan terlebih dahulu anda menjual produk yang memang pantas untuk dijual dan seusai dengan pasar yang anda punya.

      Tapi kalau diposisi anda sekarang ini maka jalan yang dapat ditempuh adalah memberikan nilai lebih bagi produk tersebut. Misalnya jaminan service, garansi, layanan purna jual, atau dukungan lainnya bagi customer anda. Dengan demikian kekurangan dari produk tersebut dapat ditutupi dengan service yang baik. Intinya buatlah pembeli produk anda mendapatkan pengalaman yang baik dengan perusahaan anda sehingga mereka tidak merasa dirugikan dengan membeli produk yang perusahaan anda jual.

      Semoga membantu..

  9. mw tanya nih, saya kan masih sma kelas 3 . tp ada niat mau masuk bisnis manajemen, dan mau bikin perusahaan . untuk sekarang2 lbh baik belajar apa dulu? mksh .

    • Wah, sejujurnya saya sebenarnya bukan kuliah manajemen, tp senang membaca buku-buku manajemen aja. Saran saya coba anda baca buku-buku manajemen yang terkenal. Misalnya seperti The Google Story, The Toyota Way, Sturbucks, dll. Ada banyak buku-buku yang menceritakan kesuksesan perusahaan-perusahaan besar serta bagaimana mereka mencapainya. Mungkin anda bisa memulainya dari situ.

  10. hai…
    minta solusinya yah boz… saya kerja di sebuah reTail perusahaan, saya di percaya oleh om & tante saya untuk menjadi SPV di reTail tsb, saya agak susah untuk mengatur karyawan yang lama,ya 50% kan org2 lama, yang org2 baru sih bisa di atur, kelihatanya org2 yang lama kurang menghormati dan menghargai saya, padahal saya udah baek sama mereka, ya mungkin mereka nganggep saya orang baru yang baru pertama kali terjun di bisnis ini jadi kurang tau tentang ini semua,,,, setelah mereka tau kerjaan saya seperti apa,, ya mereka agak mendingan tapi kadang mereka seperti semula lagi..
    Thank’Z……

    • Sebenarnya saya mungkin belum bisa memberi jawaban atas masalah anda. Tapi seandainya saya ada diposisi anda saya akan berusaha mendekati mereka. Selain sebagai teman juga sebagai atasan mereka. Mencoba mencari tau apa masalah mereka yang mungkin bisa saya bantu. Namun saya juga akan menunjukkan ketegasan dan akan menjalankan kewajiban saya sebagai atasan bila diperlukan. Misalnya memberi peringatan atau sanksi terhadap pegawai yang melanggar tanpa membeda-bedakan pegawai lama atau baru. Bila anda dapat menjalin hubungan yang baik dengan pegawai dan bukan sekedar hubungan antara atasan dan bawahan namun lebih dari itu dan anda dapat menunjukkan ketegasan dan kewibawaan anda sebagai atasan mudah-mudahan mereka akan memahami posisi anda sebagai atasan mereka.

  11. As.wr.wb.
    thanks, atas infonya. MAs. ini saya baru awal masuk IPMI Business School utntk S1 dulu. sy mau tanya management yang bersifat basic apa yg musti sy pelajari krn emng sy akui sy gak ada biground pendidikanyg memadai krn sy lulu SMA thn 2000, sementara diIPMI bahas pengantr bhsa English, so apa yg musti sy persiapkan dri sisi materi biar gak kelabakan mas. Buku2 apa yg musti sy cari utk basic sy biar gak terlalu minim. Antusias sy sih besar pingin jd pengusaha tp selama ini cmn auto didak. skrg ada rejeki mknya mau sekolah. tp minim ilmu biground. ksih rujukan buku2 yg pantas sy baca dan cari dan website yg bagus utk acuan belajar.
    thanks. wass.wr.wb.

  12. salam kenal pak.
    dalam satu tahun ini, saya masih bingung format seperti apa yang sebaiknya saya terapkan untuk membuat sebuah perusahaan konsultan yang kebetulan dibentuk oleh 3 orang dengan background yang sama (desainer semua).
    managemen yang seperti apa ? job desnya apa saja?
    departemen apa saja sebaiknya… dll.

    makasih banyak.
    ks

    • Salam kenal juga..

      Kalau saya pikir untuk konsultan dengan sedikit orang mungkin jangan memulai dengan langsung menjadi manajemen besar. Seperti langsung ada departemen segala. Mulai dari kecil aja sesuaikan kebutuhan. Nanti juga kerasa butuh tambahan di bagian mana.

      Mungkin bisa dimulai dengan 2 bagian saja. Marketing dan Operasional. Marketing untuk mencari project dan operasional untuk mengerjakannya. Untuk keperluan lain seperti pembukuan bisa menggunakan software yang ada sekedar menghitung pengeluaran dan pemasukan. Setelah sudah berjalan dengan sendirinya kita akan merasa kekurangan di bagian mana.

      Saran saya, jgn bingung dengan format tapi mulai aja dengan bertahap. Jangan terlalu lama mikir dan bingung. Tapi langsung coba cari project dan kerjakan.. Mulai aja dari kecil, perlahan beranjak menjadi besar.

  13. Ilmu yang bermanfaat untuk kami….

  14. SALAM KENAL DARI SAYA,,,SAYA TERMASUK PEMULA SICH SETELAH SAYA BACA DAN ANALISIS TERNYATA PEMBELAJARAN YANG MENARIK BUAT SAYA PELAJARI TENTUNYA.TAPI,,BAGI PEMULA SEPERTI SAYA INI GIMANAKAH LANGKAH AWAL UNTUK MELAKUKAN MANAJEMEN YANG BARU SAYA MASUKI INI,,PADAHAL DENGAN JURUSAN WAKTU SKUL AE BERBEDA..MOHON SOLUSINYA.MAKASIH

    • Coba beli buku-buku manajemen yang banyak dijual di toko buku. Mulailah dari membaca buku-buku tersebut dan tentu anda harus mencobanya sendiri entah itu dengan bekerja di bagian manajemen perusahaan atau menjadi bos di perusahaan anda sendiri.

  15. Trim, saya sednag mengelola sebuah perusahaan yang sedang mulai bangkit dari keterpurukan, mudah-mudahan artikel ini membnatu saya

  16. terima kasih atas tulisannya………membantu saya memperoleh gambaran dalam dunia bisnis….saya masih pemula

  17. saya masih dalam proses usaha baru , tapi kendala-daemi kendala banyak

  18. bagaimana sih sistem pemasaran yang baik? dan lang kah apa yang harus dilakukan oleh seseorang jika akan membuka usaha

  19. @Tuhir: sistem pemasaran itu sangat luas. Susah dijelaskan dalam beberapa kalimat. Buku-buku marketing juga sangat banyak karena beda konsumen beda pemasaran. Beda barang beda cara promosi.

  20. baGaimana………… mengatasi pelanggan yang type pelanggan????????????

  21. type pelanggan yang piknis?????????????????

  22. mau nanya pak tolong dijelasin spesifik ttg usaha t shirt, grosir maupun retail, bagaimana cara memanageny, makasih

  23. tq, salam kenal aja, saya adalah pelaksana tugas untuk melanjutkan tugas dari petugas sebelumnya yg dianggap tidak berhasil, tpi memang sulit utk di luruskan karena selma 6 thn yg sudah lewat dikuasai oleh 1 pemegang sham saja yg sebenarnya ada dua pemegang saham, dari dua induk perusahaan (kosorsium), semua cash in/out flow tdk tercatat dalam anak perusahaan ini(yg saya tangani sekarang). Jadi pada saat sekarang sy ingin membenahi managemen keuangannya samasekali tidak punya dasar karena laporan pertanggung jawaban keuangan dr manajemen lama samapai saat ini tidak mau diserahkan atau dibuat….bagaimana saya menyikapi hal seperti ini….dan apakah pemegang saham berhak terlibat dalam manajemen perusahaannya langsung atau memang ada niat buruk dari salah satu pemegang sahamnya………….
    tq responnya ia….

    Yos

  24. mas tyo,, blog nya TOP,, ada di page one google engine dengan keyword ‘manajemen perusahaan”..

    saya minta referensi buku yang bersifat lebih teknis dong mas,,, (ngga tau juga sih,, tapi menurut saya ini teknis, mohon koreksi)

    yaitu misal : cara menentukan prosentase budgeting sebuah perusahaan pada umumnya, apakah itu produksi, laba, pemasaran, distribusi, operasional, dll,,,
    trus misalnya : persepsi untung rugi dalam bisnis,, aspek apa saja yang dipertimbangkan,, uang, aset, tenaga, hubungan emosional ??
    segitu dulu mas
    makasi banyak

    • wah.. thanks pujiannya mas Ardi, tapi saya ga punya buku teori-nya dan jarang baca buku teori manajemen. Saya lebih senang baca buku seperti Google Success Story, The Toyota Way, dll. Buku-buku yang menceritakan kesuksesan orang-orang. Saya nulis tentang manajemen dari hasil analisa, baca sana-sini, dan melihat keadaan sekitar. Jadi maaf ya ga bisa bantu.

  25. okeh mas ga apa2,, ini aja mas pertanyaan terbesar dalam hidup saya,,, hehehehe

    Mohon jelaskan metode pemilihan laba,, ada 2 yang sementara ini masih simpang siur dalam keputusan yang akan diambil,
    1. mengambil laba secara global dalam angka tertentu,, cth harga snack yang bervariasi mulai dari wafer sampai dengan kwaci yang rentang harganya mulai dari 500 s/d 2000,, tapi kita memukul rata pengambilan laba misalnya 200 rupiah
    mungkin terdengar seperti subsidi silang

    atau

    dalam rentang 500 s/d 2000 itu,, saya mengambil laba dalam prosentase,, misalnya 10%

    bagaimana menyikapi hal ini,, mohon masukan kelebihan dan kekurangannya,,,
    atau ada metode lain ?

    - apa parameter yang mutlak utk penentuan sebuah laba?

    terima kasih banyak,,

  26. salam kenal,
    pak tyo, saya minta petunjuk mengenai bagaimana cara membuat perusahaan seperti indomart , yang dimana terkenal dengan sistem yang bagus.
    yang saya tanyakan soal sistemnya:
    1. format stok barangnya(soalnya kan banyak dan beragam itemnya)
    2. format untung n ruginya ( pemasukan n pengeluaran inkam)

    trims sebelumnya, klo ada masukan tolong kirim di beszzt_time84@yahoo.com

  27. Blognya bagus, kebetulan lagi cari info tentang managemen eh ada blog bagus..

    mampir dan salam aja deh..
    Sukses slalu dan blognya tak CTRL+D dulu

    http://pasarjogja.com – Batik Bagus, Batik Murah.

  28. @Nicko & @Ardi: Mohon maaf sebelumnya, tapi saya bukan ahli di bidang retail dan penjualan. Seperti yang saya telah jelaskan sebelumnya bahwa saya menulis tulisan diatas adalah karena semata-mata keinginan saya untuk belajar manajemen juga. Dan itulah beberapa penemuan saya dari proses pembelajaran. Jadi mohon maaf kalau tidak bisa membantu.

  29. sebelumnya saya mau tanya sebenarnya manajemen bisnis itu apa?kenapa kita harus belaja manajemen bisnis?
    maaf kalau pertanyaan saya seperti itu, saya lagi cari referensi
    tolong dijawab ya……
    makasih…

    • @Elly: Segala sesuatu pasti perlu di manage atau di atur kan? Dari hidup, keuangan, hingga bisnis. Jadi manajemen bisnis ya mengatur bagaimana agar bisnis kita bisa berjalan dengan baik. Kenapa harus belajar? Ya biar bisa mengatur bisnisnya dengan baik.

  30. salam kenal bang tyohan

    aku mau tanya ni, bagaimana keadaan persaingan bisnis saat ini khususnya di bidang bisnis asuransi.

    tks

    • @mimi: jangan tanya kalau persaingan di bisnis asuransi karena saya ga pernah berbisnis disitu. Kalau tanya persaingan di bisnis web development ya sangat ketat dan penuh persaingan. :)

  31. kalo dalam perusahaan kecil.. seringnya manajer=owner=cs=bag operasional=bag produksi, jadinya borongan..
    kira2 gimana ya caranya membagi job desc agar lebih maksimal, tanpa harus merekrut orang terlalu banyak karna perusahaan kami belum mampu membayar SDM dalam jumlah besar

    • @Atique: Sekarang saya sebagai freelancer jg menjadi single fighter yang merangkap beragam posisi. Dari marketing, developer, hingga support. Sebenarnya dengan mengoptimalkan teknologi yang ada dan menggunakan tools yang tepat dalam menangani pekerjaan bisa sangat membantu kita. Dengan menyelesaikan pekerjaan secara efektif dan efisien kita bisa mengoptimalkan waktu dan tenaga yang kita punya.

  32. bagaimana menerepkan sistem target dalam bisnis Tiket pesawat secara on line!saya kepingin buat sistem target buat karyawan saya supaya lebih optimal kerja nya..tolong yah kalau ada punya sistem nya???

  33. bagus banget blog ini

    aq mo tanya nih
    aq mo bikin PT
    bergerak d bidang network marketing

    ada yg mau bantu???
    baik doa, daya, maupun dananya…

    hub : anggun
    gue.aang@gmail.com

  34. bagaimana cara melaksanakan manajemen bisnis secara bersih???

  35. salam kenal,,,,,semoga mas tyohan tetap dlm lindungan
    tuhan yg maha esa.

    sy punya usaha tour n travel,tiket pesawat, umrah haji sdh berjalan 1 thn,penghasilan pas pasan untk bayar gaji karyawan dan tempat karna masih ngontrak.
    yang saya tanyakan:
    berapa lamakah waktu untuk mengatakan usaha kita berhasil atau tidak berhasil ???
    atas saran dan jawabannya saya ucapkan terimaksih.

    • Untuk menjawab pertanyaannya adalah orang yang lebih berpengalaman. Sedangkan pengalaman saya disini masih seumur jagung. Tapi kalau anda masih bisa membayar gaji karyawan dan belum merugi mungkin anda jalan ditempat. Tidak untung tidak rugi.

  36. salam kenal pak Tyohan.

    pak saya ada 2 pertanyaan mengenai study kasus, ini sebenarnya dalam bahasa Inggris ini kira-kira terjemahannya yang saya coba terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. mohon bantuan jawaban dan penjabarannya.

    Studi Kasus:
    1. Pemilik HMSI baru memutuskan untuk mempertahankan merek dan nama perusahaan, untuk mengambil keuntungan dari keandalan produk dan teknologi perusahaan yang dikenal. Dalam keadaan baru dan kepemilikan, HMSI memutuskan untuk mengalihkan operasi dari manufaktur dan distribusi untuk penyediaan infrastruktur teknologi informasi solusi total untuk klien mereka.

    2.Hewlett-Packard Global memutuskan untuk mengakuisisi pabrik HMSI untuk menggeser operasi manufaktur Eropa ke Indonesia. Bersama dengan fasilitas yang ada HPI’s produksi di Tangerang, HPI akan menghasilkan sekitar 40% dari produk Global Hewlett-Packard. Bekas peralatan produksi HMSI yang ada akan digantikan dengan teknologi tinggi, dengan sumber perlengkapan dan proses yang efisien.

    Pertanyaannya adalah pak.
    1. silahkan lihat pertanyaan 2. kenali dan uraikan paling sedikit 3 pokok masalah yang dihadapi oleh manajemen Hewlett-packard Global. Rumuskan solusinya dan rencana selanjutnya
    2. Silahkan lihat pertanyaan 1. Jika Posisi anda sebagai HR manajer HMSI. Kenali dan uraikan paling sedikit 3 persoalan pokok yang andah butuhkan sebagai pertimbangan. rumuskan solusinya dan rencana selanjutnya.

    terimakasih atas bantuannya

  37. wow..kerenn…….

  38. SALAM KENAL..

    SAYA BARU MO MULAI BUKA USAHA SAYA KEBINGUNGAN BUAT BIKIN LAPORAN PEMASUKAN DAN PENGELUARAN KEUANGAN…
    SAYA MO MINTA SARAN DR SMUA YANG DA D BLOG INI YANG MAU KASIH INFO TABLE APA SAJA YANG HARUS D BIKIN BUAT LAPORAN2 TERSBT..
    TERIMA KSIH BNYAK…D TUNGG INFONYA YA MAS….

  39. Salam kenal,

    Adakah buku panduan untuk job description setiap divisi dalam perusahaan?

    thanks

  40. salam kenal mas tyohan…begini mas saya pengusaha kecil saya bergerak di bidang produksi krupuk udang,kasus yg sedang saya alami saat ini bahan baku dari pada krupuk udang (tepung)sedang mengalami kenikan yg sangat tinggi mencapai 100%,sedangkan harga pasar untuk krupuk saya itu sendiri hanya mampu naik 60%-70% dari nilai kenaikan bahan baku itu sendiri dan otomatis saya mengalami kerugian,dan jalan alternativ yg sedang saya jalankan sekarang yg menurut alasan saya untuk menekan angka kerugian itu yaitu,memakai bahan baku tepung yg harga dan kualitasnya di bawah standar produksi,dan saya menyadari resiko akan dampaknya nanti di pasaran,tetapi harus gimana lagi memang demikianlah yg menurut saya jalan yg terbaik untuk menghindari kerugian.yg saya tanyakan bagai mana menurut mas tyohan cara mamandang atas kasus cerita di atas tersebut dan mohon solusinya?…trimakasih.

  41. Wah terus terang saya kurang berpengalaman di dunia bisnis nyata seperti yang Mas Muja alami. Tapi kalau menurut saya, kualitas produk sebisa mungkin jangan berubah karena itulah yang menjadi pegangan konsumen anda. Mungkin anda bisa mencari alternatif lain seperti mengurangi ukuran kerupuk. Mencari alternatif distribusi yg lebih murah, atau membuat kemasan yang lebih murah kalau kerupuk dijual dalam kemasan.

    Maaf kalau kurang membatu cuma kalau menurut saya kualitas produk itu harus dipertahankan dan anda harus mencari alternatif lain untuk mengurangi biaya produksi dan operasional.

  42. terimakasih mas tyohan atas kontribusinya,saya sangat lega, paling tidak ada pencerahan dalam prinsip usaha saya kedepan yg sedang saya jalankan………

  43. Mas tyohan

    Minta solusi terbaik untuk kondisi ini. Saya sekarang mulai menjalani bisnis distributor produk umum, banyak sekali rancana yang ada di otak saya untuk menjadi perusahaan besar. Tapi saya tidak punya basic dibidang marketing – lapangan.
    Kira2 apa kebutuhan tenaga kerja yang harus saya penuhi untuk memulai bisnis distributor ini karena sekarang kami hanya bertiga (pemilik, operasional dan adm) dan bagaimana dengan job descriptionnya.

    Pesaing kami cukup banyak tapi kami yakin dengan service yang memuaskan, kualitas harga dan produk yang kompetitif bisa buat usaha ini besar.

    Minta referensi buku yang bagus untuk manajemen perusahaan distributor.

    thx – sukses selalu
    good job mas tyohan

    • Mas budi, mohon maaf tp jujur saya bukanlah ahli menajemen. Seperti yg anda jelaskan mungkin memang anda butuh marketing yg bisa menawarkan jasa anda ke para produsen. Referensi buku sih saya jg kurang tau karena buku yg saya baca kebanyakan buku web development.

      Maaf klo tidak banyak membantu.

  44. salam kenal…sya mau tanya,klo infestor minta manajemen perusahaan kita secara tertulis, itu seperti apa dan apa aja isinya? Trimakasih banyak

  45. Halo bang yohan….
    Saya pengen dia tanya nich…
    Dalam membangun usaha di bidang kontraktor,untuk Standart upah karyawan dari helper sampai staff kantor itu berapa ja bang bila usaha ini dibangun dgn tingkat grid 1….
    terimakasih…

  46. mas, saya mau bertanya, saya sekarang baru saja mendirikan perusahaan yg bergerak di bidang design, dan saya pun sekarang masih bekerja di perusahaan lain, menurut mas, apakah saya tetap bekerja dan usaha yang saya kelola saya percayakan kepada org lain kemudian usaha saya dijadikan sebagai sampingan atau saya fokus di usaha saya dan saya keluar dari kantor tempat saya bekerja, kendalanya saya masih merasakan takut untuk keluar dari kantor saya, dikarenakan kalau saya benar-benar terjun langsung, pendapatan saya akan sangat menurun, karena perusahaan saya masih terbilang baru, dan belum banyak menghasilkan, menurut mas jalan mana yang lebih baik untuk di ambil, tolong pencerahannya, terima kasih mas…

    • memang itu selalu jadi dilema buat yang mau memulai usaha. Mungkin transisi pelan-pelan. Siapkan dulu usaha anda secara matang baru anda keluar, mulai dari portfolio, networking, website, kartu nama, dll. Networking sangat penting karena akan membantu untuk memulai usaha anda. Jangan keluar tanpa ada persiapan matang. Pastikan sebelum keluar tabungan cukup untuk sekitar 4-5 bulan yang dianggap aman kalau misalnya tidak ada pemasukan. Karena setahu saya kalau anda jalan paralel biasanya sih malah keduanya ga ada yang jalan. Walaupun jalan biasanya masing2 pekerjaan setengah-setengah hasilnya. Bahkan cenderung mengacaukan satu sama lain. Sukses ya.

  47. Terima kasih, maantap!. Kebetulan ane lagi cari topik ilmu bisnis dan manajemen… sedot abiss

  48. mudah bisa membantu kuliah saya,,,
    saya br masuk manajemen bisnis..
    tolong d bantu.
    thanks

  49. Halo mas Tio,mohon solusinya.
    Saya baru mau mulai buka usaha tapi saya gak mau terlibat didlmnya krn saya punya profesi lain.Nah,yg mau saya tanyakan adalah;
    1.Langkah apakah sebaiknya yg hrs saya lakukan agar perusahaan saya ini kelak bisa tumbuh sehat?
    2.Bagaimana cara merekrut seorang manager perusahaan yg profesional,hak & kewajiban apakah yg harus saya penuhi sebagai sebagai pemilik usaha?

    • Kalau menurut saya sih, anda harus merekrut orang kepercayaan yang anda kenal betul. Tidak bisa dengan menghire tanpa tahu latar belakangnya. Karena dia akan menjalankan penuh perusahaan anda. Dan yang pasti anda harus memberikan yg terbaik buat orang kepercayaan itu. Karena dialah yang mengatur segalanya. Jangan sampai dia kecewa dengan anda karena kalau anda kehilangan dia bisa-bisa perusahaan anda gulung tikar. Karena mencari orang kepercayaan yang bisa menggantikan kita itu sangat susah. Walaupun melalui seleksi ketat.

  50. Mas, mohon bantuannya untuk masalah saya.
    Saya baru mendirikan perusahaan jasa, dimana modal berasal 100% dari investor. Investor memberikan saya kepemilikan saham 30%. Kepemilikan saham 30% ini dibagi dengan tim saya 4 orang dimana saya dipercaya sebagai direktur di perusahaan tersebut dan investor sebagai komisaris perusahaan.
    Saya tidak memberikan modal sepeser pun, kerjasama ini terjalin karena rasa percaya investor kepada kinerja saya dan tim saya.

    Sepertinya ada definisi yang berbeda antara saya dengan investor tentang arti “saham”. Investor menafsirkan saham adalah profit yang kita dapatkan setiap bulan dimana saya punya hak 30% dan investor 70%, dan investor tidak lagi memberikan “biaya intelegensi” saya, bahasa sederhananya adalah gaji.
    Menurut definisi saya, itu disebut sharing profit.

    Menurut saya pribadi, biaya intelegensi saya harus tetap dibayarkan tanpa “mengusik” nilai saham yang ada. Keuntungan nilai jual saham baru akan kita nikmati sampai periode tertentu sesuai dengan keputusan direksi, seperti deviden atau capital gain.

    Defini yang mana yang benar dalam hal ini mas?

    Mohon penjelasannya, sebelum dan sesudah saya ucapkan banyak terimakasih.

    • Sebenarnya definisi yg benar itu ya yg sesuai dengan perjanjian awal hitam diatas putiih. Kalau tidak ada perjanjian awal akan susah menentukan mana yang benar. Jalan satu-satunya adalah harus ada kesepakatan dengan investor.

Connect with us

thinkrooms on Facebook

Related Post


Fatal error: Class 'TPostList' not found in /home/thinkroo/public_html/thinkrooms.com/wp-content/themes/thinkrooms2010/mvc/models/TPost.php on line 311