Langkah-langkah menghilangkan virus komputer

Beberapa tahun belakangan banyak bermunculan virus-virus yang mulai merepotkan masyarakat pengguna komputer. Kalau dahulu pengguna internet saja yang dipusingkan oleh virus karena penyebarannya yang masih terbatas melalui email dan jaringan. Seiring perkembangan teknologi maka perangkat mobile teknologi informasi juga berkembang. Saat ini hampir tiap pengguna komputer pasti memiliki flash disk yang merupakan media penyimpanan data yang sangat portable dan mudah digunakan karena sifatnya seperti disket namun dengan kapasitas besar dan tidak mudah rusak. Namun kepopuleran flash disk di pengguna komputer memancing para pembuat virus untuk membuat virus yang menyebar melalui media penyimpanan ini. Hal ini membuat para pengguna yang kurang paham komputer terkadang tertipu karena menjalankan virus yang disangkanya adalah file lain seperti file dokumen Microsoft Word, Folder, atau bentuk file lainnya. Padahal yang sedang dibuka adalah program virus yang memiliki icon sama dengan file-file tersebut.

Tidak perlu membahas terlalu panjang sejarah kemunculan virus ini, namun buat pengguna yang sudah terkena virus maka sebenarnya langkah pembasmian virus-virus tersebut hampir sama. Biasanya masyarakat umum yang tidak memiliki akses internet di komputernya akan lebih mudah terkena virus karena antivirus yang tidak up to date sehingga antivirus miliknya tidak mengenali virus-virus baru. Ada beberapa cara menghilangkan virus dari komputer anda bila sudah terlanjur terinfeksi virus ini. Teknik-teknik berikut dibahas pada sistem operasi Windows XP karena OS inilah yang paling umum terinfeksi dan paling banyak digunakan. Berikut adalah teknik teknik tersebut:

Menghapus dengan antivirus di komputer lain

Dengan melepaskan hardisk komputer yang telah terinfeksi virus kemudian dipasangkan ke komputer lain yang memilki antivirus yang terbaru atau setidaknya mampu mengenali virus di sistem yang telah terinfeksi. Lakukan full scanning pada hardisk sistem yang terinfeksi dan hapus semua virus yang ditemukan. Setelah selesai hardisk tersebut sudah dapat dipasang kembali dikomputer dan jalankan sistem seperti biasa. Lakukan pemeriksaan kembali apakah komputer masih menunjukkan gejala yang sama saat terkena virus. Cara ini ampuh membersihkan virus sepanjang antivirus di komputer lain tersebut dapat mengenali dan menghapus virus di hardisk yang terinfeksi. Namun virus masih meninggalkan jejak berupa autorun atau startup yang tidak berfungsi. Jejak ini terkadang memunculkan pesan error yang tidak berbahaya namun mungkin sedikit mengganggu.

Menghapus dengan sistem operasi lain

Pada laptop atau komputer yang tidak dapat dilepas harddisknya maka cara lain adalah menjalankan sistem operasi lain yang tidak terinfeksi virus dan melakukan full scan terhadap seluruh harddisk. Biasanya ada beberpa pengguna yang menggunakan dual OS seperti Linux dan Windows atau Windows XP dan Windows Vista dsb. Selain itu bisa juga menggunakan LiveCD atau OS Portable seperti Knoopix dan Windows PE ( Windows yang telah diminimazed dan dapat dibooting dari media penyimpanan portable seperti flash disk atau CD.) lalu lakukan full scanning dengan antivirus terbaru. Efektifnya sama dengan menghapus virus dengan antivirus di komputer lain contoh diatas. Virus terkadang masih meninggalkan jejak tidak berbahaya.

Menghapus secara manual

Bila anda kesulitan melakukan hal diatas masih ada cara lain yaitu dengan cara manual. Langkah-langkah tersebut adalah:

  1. Matikan process yang dijalankan oleh virus. Virus yang aktif pasti memiliki process yang berjalan pada sistem. Process ini biasanya memantau aktifitas sistem dan melakukan aksinya bila ada kejadian tertentu yang dikenali virus tersebut. Contohnya pada saat kita memasang flash disk, process virus akan mengenali aksi tersebut dan menginfeksi flash disk dengan virus yang sama. Proses ini harusnya bisa dilihat dari task manager yang bisa diaktifkan dengan tombol Ctrl + Alt + Del namun terkadang virus akan memblokir aksi ini dengan melakukan log off, menutup window Task Manager, atau restart sistem. Cara lain adalah menggunakan tool lain untuk melihat dan mematikan proses virus. Saya biasa menggunakan Process Explorer dari http://www.sysinternals.com/ . Dengan tool ini anda bisa mematikan process yang dianggap virus. Pada saat mematikan proses milik virus perlu diperhatikan terkadang proses milik virus terdiri atas lebih dari 1 proses yang saling memantau. Bila 1 proses dimatikan maka proses tsb akan dihidupkan lagi dengan proses lainnya. Karena itu mematikan process virus harus dengan cepat sebelum proses yang dimatikan dihidupkan lagi oleh proses lainnya. Kenali terlebih dahulu proses yang dianggap virus lalu matikan semuanya dengan cepat. Biasanya virus menyamar menyerupai proses windows tapi tentu ada bedanya seperti IExplorer.exe yang meniru Explorer.exe. Berikut adalah proses windows yang bisa dijadikan referensi proses yang dikategorikan aman:
    C:\WINDOWS\system32\smss.exe
    C:\WINDOWS\system32\csrss.exe
    C:\WINDOWS\system32\winlogon.exe
    C:\WINDOWS\system32\services.exe
    C:\WINDOWS\system32\svchost.exe
    C:\WINDOWS\system32\lsass.exe
    C:\WINDOWS\Explorer.exe

    Selain process explorer anda bisa menggunakan tools lainnya yang mungkin lebih mudah dan bisa menghapus process sekaligus. Contoh lain adalah HijackFree. Anda bisa mencari di google tools sejenis.

  2. Setelah proses mematikan virus berhasil lakukan pengembalian nilai default parameter sistem yang digunakan virus untuk mengaktifkan dirinya dan memblokir usaha menghapus dirinya. Parameter tersebut berada pada registry windows yang bisa di reset dengan nilai defaultnya. Simpan file berikut dengan nama apa saja dengan extention file .reg. Kemudian eksekusi file tersebut dengan mengklik 2 kali. Bila ada konfirmasi anda bisa menjawab Yes/Ok. Berikut file registry tersebut:
    Windows Registry Editor Version 5.00
    [HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced]
    "Hidden"=dword:00000000
    "SuperHidden"=dword:00000000
    "ShowSuperHidden"=dword:00000000
    
    [HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet001\Control\SafeBoot]
    "AlternateShell"="Cmd.exe"
    [HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet002\Control\SafeBoot]
    "AlternateShell"="Cmd.exe"
    [HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\SafeBoot]
    "AlternateShell"="Cmd.exe"
    
    [HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon]
    "Shell"="Explorer.exe"
    "Userinit"="C:\WINDOWS\system32\userinit.exe,"
    
    [HKEY_CLASSES_ROOT\regfile\shell\open\command]
    @="regedit.exe \"%1\""
    
    [HKEY_CLASSES_ROOT\scrfile\shell\open\command]
    @="\"%1\" %*"
    
    [HKEY_CLASSES_ROOT\piffile\shell\open\command]
    @="\"%1\" %*"
    [HKEY_CLASSES_ROOT\comfile\shell\open\command]
    @="\"%1\" %*"
    [HKEY_CLASSES_ROOT\exefile\shell\open\command]
    @="\"%1\" %*"

    File registry diatas akan membuka blokir regedit, mencegah virus mencangkokkan dirinya pada sistem, dan reset parameter lain untuk mencegah virus jalan lagi.

  3. Setelah proses virus dimatikan dan parameter sistem di reset. Cegah virus aktif kembali dengan menghapus entry virus pada autorun dan startup Windows. Bisa menggunakan tool bawaan windows MSConfig atau mengedit langsung pada registry dengan Regedit. Untuk lebih mudahnya gunakan tools pihak ketiga seperti autoruns dari http://www.sysinternals.com untuk menghapus entry autorun dan startup milik virus tsb. Jangan lupa periksa folder StartUp pada menu Start Menu -> Programs -> Startup dan pastikan tidak ada entry virus tsb.
  4. Download antivirus terbaru dan lakukan full scanning pada sistem agar antivirus memeriksa keseluruhan sistem dan menghapus semua virus yang ditemukan. Saya menyarankan avira yang bisa didownload dari http://www.free-av.com karena sifatnya free dan scanner virus yang sama tangguhnya dengan antivirus komersil seperti Symantec atau Kaspersky.
  5. Sebelum restart pastikan anda tidak melewatkan virus baik dari proces atau autorun dan startup sistem. Karena bila tidak maka pada saat restart maka sistem akan kembali seperti pada saat terinfeksi virus dan sia-sia semua langkah yang anda lakukan sebelumnya.
  6. Setelah restart periksa kembali komputer anda dan perhatikan apakah gejala yang muncul pada saat komputer terinfeksi masih ada atau tidak. Bila ada maka anda terlewat beberpa autorun virus atau reset parameter sistem diatas tidak berhasil. Lakukan langkah diatas dan periksa lebih cermat tiap langkah anda sebelum melakukan restart sistem.

Itulah langkah-langkah penghapusan virus pada sistem Windows XP. Untuk mencegah virus datang kembali sebaiknya anda rajin update antivirus atau memasang aplikasi pencegah seperti WinPooch atau Comodo Firewall yang akan memperingatkan pengguna bila ada program lain yang akan memodifikasi sistem. Jadi walaupun virus tersebut tidak dikenali akan tetapi sebelum masuk maka pengguna akan diperingatkan oleh aplikasi pencegah. Bila anda mengenali program yang hendak mengakses sistem anda maka anda bisa mengijinkan akses tersebut namun bila tidak sebaiknya tolak dan blokir akses tersebut karena ada kemungkinan program tersebut adalah virus.

Berhati-hati pada saat membuka flash disk. Jangan membuka flash disk dengan klik 2 kali. Buka dengan klik kanan lalu pilih menu Open agar fitur autoplay pada flash disk tidak menjalankan virus secara ototmatis. Jangan lupa perhatikan file yang anda buka. Walaupun iconnya sama perhatikan bahwa file yang anda buka buka tipe application atau program. Pastikan file word adalah betul-betul word dan folder betul-betul folder bisa dengan melihat detail atau properties dari file tsb. Semoga artikel ini membantu dan mencegah anda terinfeksi virus komputer.

We have 121 comments in this post, add more by leave yours below.

  1. wooww …. artikel ini sungguh membantu.. thax ya…

  2. mau tanya neh…
    bagaimana caranya mengembalikan file hilang akibat csan dgn antivirus avira? pilihan deleted virus pada saat scan akan menghilangkan file nya juga?
    thank

    • Kalo milih delete pas konfirmasi sih ya pasti ke delete. Caranya mungkin bisa pake recovery program. Coba google dengan keyword “Undelete tool” atau “Recover deleted files program”

  3. Terimakasih info-infonya !
    Selamat berkarya !

  4. Thanks bgt infonya.

  5. Assalamu alaikum, Bung. nanya lagi neh,
    - Virus apa ya namanya , kok tiba2 muncul di desktop saya gambar nyamuk besar alias Dewa Kematian. Sudah diganti gambar Desktopnya tapi muncul juga pada latar di jendela Expoler C: …
    trus…
    - Tolong jelasin dong cara nge-Update antivirus MCAfe ? (langkah-2 nya)
    tengs ya….

    Wassalam …!

    • Wah kalo itu saya ga tau nama virusnya karena blum pernah mengalami hal tersebut. Mengenai update McAfee biasanya tiap antivirus memiliki feature update otomatis ke internet. Jadi cukup tersambung ke internet dan jalankan updatenya.

      Anda bisa mencoba tool removal virus dari avira di http://www.avira.com pada bagian tools. Namun saya sendiri belum pernah mencoba jadi ga tau tingkat keberhasilannya.

  6. dear mas thinkrooms,

    mas pernah tau virus yang sembunyi di blakang dirsystem.cmd gak?
    saya udah lama pake process explorer tapi gak kbaca disitu jadi gak bisa dimatiin.AVG, AVira, SMADAV,Ansav, PCMAV 2.0 Valkyrie gak ada yang bisa ngedetect. Saya bener2 bingung soalnya udah nginfect ke hardisk partisi yang :D dan E dan data2 skripsi saya ada disitu. MAsalahnya ini virus matiin explorer.exenya laptop dan semua data gak bisa diakses.Kalo explorer dibuka yang ada malah debug. Debugnya bisa kebaca di delphi tapi saya gak ngerti cara fixnya.

    mas bisa kasi penjelasan gmana ngatasinnya?

    maturnuwun sanget

    • Belum pernah tau tuh yang kayak gitu.. Tapi apa udah yakin kalo itu virus? Mungkin cuma filesystem windows yang korup sehingga explorer.exe error.

      Coba anda update antivirus dengan update terbaru lalu coba scan ulang. Kalo belum ada terdeteksi mungkin itu bukan virus tapi masalahnya seperti saya jelaskan diatas. Coba repair Windows anda dengan cd install windows. Caranya sama dengan install ulang tapi sebelum menginstall biasanya windows memberi opsi untuk repair.

  7. saran buat ngamanin komp kita terutama dari virus yang bisa autorun dari flashdisk, matiin aja autorun drive kita, yaitu : buka regedit, cari “DriveTypeAutorun” masukin angka 181 misalnya buat matiin autorun dari flashdisk n cdrom, atau coba pake tweakui nya dari microsoft, ada banyak manfaatnya tuh,

  8. Hidup memang kaga pernah tenang..bayangin aja di mana-mana virus..di dunia nyata virus..di dunia maya apa lagi, paling banyak virusnya..terkadang kita jengkel juga sama yg bikin virusnya..susah juga memang. Kita laporkan ke kepolisian atau ke komnas HAM kita kaga tau alamat nya si pembuat virus biadab..kalau begitu kita wasdalah
    http://www.usahaku-halal.blogspot.com

  9. Boleh nanya ngak??? thanks sebelumnya.
    Kompi gua agak aneh, Pernah ngak bisa buka windows internet explorer…. untuk skype tetap bisa….(brarti jaringan oke ) tapi untuk explorer nya selalu muncul anda tidak ter conect ….. apakah itu salah satu virus?? n bagaimana caranya mengechek apakah virus merusak bagian yang lain?
    N….. waktu IE tidak bisa , saya sempat merubah yang namanya security internet atau apa, sekarang malah kondisinya INTERNET / PROTECTED MODE : OFF tercantum di kanan bawah …. gmana ya? ( maklum saya tidak pernah belajar tentang komputer dengan benar )

    • Gejala tidak normal belum tentu disebabkan virus, ada kemungkinan juga dikarenakan tidak kompetibelnya program yang diinstal atau ketidak cocokan program-program yang terpasang dalam komputer aja. Terkadang kalau komputer sudah terlalu banyak cara mudahnya adalah install ulang agar window anda kembali refresh.

  10. Mas!! Gimana cara menghapus virus recycle udah pake avira kagak boleh pake cara mas diatas juga ngak di dapat dimana letak virusnya.
    bantuin donkg!!!!
    Thank’s……………

    • Coba update antivirusnya, kalau tidak coba cari di google karena saya bukan ahli yg khusus meneliti tiap jenis virus yang muncul. Maaf tidak dapat membantu lebih banyak.

  11. makach infoNa
    cRy qWuh ikt ng’save
    tnkz bgt lho. . .

  12. kumaha..kumaha…teu mode on ting ekeuh…wkwkwwwk

  13. Tank’s tas ilmunya ya…
    Klo bisa pengetahuan2 yg laennya…
    Good Luck…

  14. mas, pernah nemuin virus yang muncul pesan “oo rewah cah”
    kalo pernah bgmn cara mengatasinya.
    matur nuwun.
    :)

    • Belum pernah tuh, sejak connect internet dan selalu update antivirus udah ga pernah kena virus lagi.

      Sorry ya ga bisa bantu

  15. mas minta tlg dunk…XP sy kena virus, tiap pertama kali ngidupin komputer and mau buka explorer pasti muncul dialog box yg bilang explorer has encountered a problem dan harus di close. Habis itu muncul dialog box kecil diatas yg tertulis personal setting,trus ada proses fk.exe, dll. Gimana yah ngatasinya ??

  16. misih misih .. ^_^
    aku copy ya tlisan’a ..
    makasih ..

  17. kucoba hapus virus menyebalkan di komputerku awalnya mau ku hapus dengan install ulang eh masih ada virus .Di folder ini virus atau bukan ya c:/windows/system33/smss exe.waktu mau install ulang aku belum membuka memori atau baterai jadinya langsung install eh bentuk menyerupai windows tapi bagian atas dan bawah ada kotak2 sialnya aku ulangi berkali-kali ga berhasil paniklah aku kok ga bisa install sampai 6 jam padahal dulu kalo install cuma setengah jam.
    Baru tau kalo virus itu menyebar di cd installku,payah deh smss exe ga bisa di hapus.keanehan terus terjadi saat aku mutar lagu video format flv suara pecah2 dan gambar play-pause trus play-pause menyebalkan aku cari di internet ketemu situs ini trus sedang kucoba berhasil ga,(entah lah)
    Dulu aku pernah kena virus x fly yang bila di restart windows nampak trus pecah2 trus hilang payah trus aku bangga bisa nampilkan windows keadaan sehat.
    jangan2 ini keparahanku yang ke 2.
    soalnya aku sering internet di warnet,sedang komputerku ga buat online atau internet.
    windows di komputerku cuman satu xp,ga ada vista atau linux.lainkali ku pengen punya dech
    kali ini aku sedang fokus hapus virus.

    Begitulah kisahku punya komputer

  18. Dicoba nih tips tipsnya moga aja bisa membantu saya yang lagi terkena virus kompi….Thanks ya da berbagi info

  19. sebenarnya kalo kita hapus virus progam yang terinfeksi virus itu hilang ga sih.kalau ya begaimana cara nya supaya virus bisa hilang tanpa menghilangkan progam nya

  20. Salam Mas Yohan Totting,

    Artikel ini sangat membantu pemakai komputer dimana saat ini banyak virus komputer baik lokal maupun manca negara banyak bergentayangan di Indonesia.

    Saya mencantumkan link halaman ini di http://indonesia.mitrasites.com/virus%20komputer.html

    Semoga ada manfaatnya buat masyarakat Indonesia. Selamat berkarya demi kemajuan bangsa dan negara.

    Kenzie Indraprastha

  21. ma kasih mas atas infonya……bagus banget….TOP…

  22. Makasih tipsnya mas. Patut dicoba. Emang sedikit agak ribet tapi OK banget. Temanku sudah ada yang praktek pake cara ini katanya manjur, tok er ngatasi virus.

  23. Assalaamu’alaikum..

    Komputer ane gak bisa buka task manager. Apakah itu karena pengaruh virus?

  24. klo task manager dengan folder opition nga bisa dipaparin tu napa ya…

    • Itu juga gejala virus, tapi belum bisa dipastikan sampai antivirus bisa ngecek apakah ada virus atau tidak. Jangan lupa gunakan antivirus terbaru yang sudah diupdate terakhir.

  25. susah bgt cara ngapus virus nya?
    bgs nya pakek anti virus apa ya . . . . ???

  26. Om Tyo, kompi ku kena virus, padahal udah ak format+install ulang berkali-kali.
    Virus itu aktif ketika ak klik file .exe (padahal msh fresh ak instal tu XP nya)

    Akibatnya, task manager & Regedit gak aktip, instal program antivirus & office gak bisa, ngenet apalagi (ke blok), uninstall aj gak bs, kerja kompi jd luambat. Bener2 dahsyat tu virus.

    Ak dah ikut step2 diatas, ak pake program Hijaker untuk liat aktifitas virusnya, tp setiap dimatiin proces itu, dlm hitungan detik, dia bs idup lg (lama-lama pengin ak banting niy kompi).

    Mohon bantuannya, ak dah format berulang2 (harusnya klo dah di format, tu virus ilang ya) tp koq gak bisa-bisa ya. Apa tu virus ngumpet di MBR nya??

    Thanks…

    • @Hendronk: kemungkinan sih virusnya sembunyi di partisi lain. Jadi pas kmu ngakses partisi lain virus itu masuk lagi ke sistem. Coba setelah di format ulang windowsnya install dan update antivirus terbaru. Lalu scan full seluruh sistem.

  27. Dear sir
    I have a problem with my computer, as they often are infected so frequently broken windows. I ask:
    1. Windows is good for my computer?
    2. A good antivirus for my computer?
    I am waiting for a reply was sent in an email, I say many thanks

  28. Halo slm knal mas (minta bantuannya)
    sy agung
    sy punya flasdisk 2 kduanya uda g bisa dipake transfer or ngopi data lagi. didalamnya ada folder RECYCLER n recycle.bin.exe. sudah saya coba menghapusnya pake avast terbaru + update g mempan. trus diformat jg g bisa dan yang paling gawat. folder recycler itu dibuka di recycler trus diklik kanan perintah deletenya kok g ada ya. gmana donk? thx ya… dbalesin ke email y mas.. thx bantuanya

  29. mas ….. thx iaa … dh bsa niee ….. thx u very much !

  30. thanks baget ya……………………………..???????

  31. wah… buat admin thx bgt infonya, saya jadi tahu kalo laptop saya kena virus,
    ternyata stelah sya ikuti langkah2nya berhasil… akhirnya laptop saya bersih lagi…
    sebelumnya emang kerjanya jadi lebih lambat dari biasanya, tapi setelah di full scan ternyata ada trojan horse,
    sekali lagi makasih banyak yaa….

  32. Makasih infonya…. .

  33. ada info lg gak tentan virus comp nya

  34. bang, materinya saya masukin buat seminar ya,,
    tengkiu perimach nih..

  35. kalau laptop itu minimal bisa untuk game 3g nggasih bisa kena virus nggak sih?

  36. hay
    mantap cuy

    matur thanx u

  37. AVS-32 Antivirus terbaik indonesia

  38. Kalo aku pake anti virus yang gratisan aja !
    pinginya pake Norton !
    tapi kapan digratiskan…yah ?

  39. mas gmana cara buang virus dr kmputr yg pk smadav free…dia gu mau otomatis buang???

    • Saya ga pernah pake anti virus smadav jd ga tau gmn caranya ngehapus virusnya. Tp biasanya versi free punya kemampuan terbatas. Mungkin anda perlu versi berbayar untuk menghapus virusnya.

  40. Wah berhasil.. virusnya sudah terhapus..

    tapi kalau dari cd bisa nyebar ga virusnya????

  41. mas bisa mintol gakk
    gmn ya cra,y men delet virus yg blom terdeteksii
    thankz

  42. loew mas tauu send aja ya ke alamat emaiil koee
    okee bradaaa?????
    OCHAKS_LOUPS@ROCKETMAIL.COM

  43. mz komputer ku kna viruz, RAM nya pdahal 512 tpi klo maen gamws lemot dan bka mc. words lemot gmana tuh solusinya???

  44. Boz koq gw gak bisa instal kerspersky? padahal dulu bisa? apa kena virus?tolong kasih solusinya!!!!

  45. Makasih bro informasinya..

    bagus..

  46. mas…klo untuk windows 7 bagusnya pake anti virus apa yaa ??????

  47. mas,komputer saya kyknya kena virus d,.
    trus g bisa dinyalain gt.bisa sih,cuma klo dh nyampe ug harusnya keluar desktopnya,dia g mw keluar. trus ya udah,layarnya gelap gt,tpi dia sebenernya nyala.
    gimana y cara benerinnya?
    makasi sblmnya^^

  48. kak,mau tanya,klo flash disk kna virus,gmn cra biar bs di pkai lgi y?
    lalu gmn cra instal avira antivirus yg bnar y?
    thnx y
    GBU

    • Cukup di format aja, harusnya sudah bisa dipakai lagi. Tapi diformat pasti data di flashdisk akan hilang.

      Cara install antivirus yg benar adalah download yg terbaru dan rajin update.

Connect with us

thinkrooms on Facebook

Related Post


Fatal error: Class 'TPostList' not found in /home/thinkroo/public_html/thinkrooms.com/wp-content/themes/thinkrooms2010/mvc/models/TPost.php on line 311