Video Streaming menggunakan Flash dan Protokol HTTP

Anda tentu sudah mengenal YouTube, Google Video, dan website sharing video lainnya. Semua website tersebut adalah website yang menggunakan teknologi web untuk keperluan sharing dan streaming video dengan protokol standar web yaitu HTTP. Kenapa protokol HTTP? Karena protokol inilah yang paling mudah diakses dari manapun. Beberapa firewall menutup port-port yang tidak umum namun port 80 yang digunakan oleh protokol HTTP hampir tidak pernah ditutup kecuali memang firewall tidak mengijinkan internet dalam jaringan mereka. Dengan demikian sepanjang user terhubung internet maka mereka dapat dengan mudah menonton video tersebut dimanapun dan kapanpun.

Dulu streaming video menggunakan protokol RTMP seperti yang digunakan pada Real  dan  Flash Media Server. Teknologi ini penggunaannya tidak meluas dikarenakan untuk menggunakannya memerlukan installasi software khusus seperti real player. Kelebihannya, protokol ini bisa memberikan livestreaming untuk keperluan live broadcasting. Teknologi inilah yang biasa digunakan untuk video tele conference Sedangkan saat ini penggunaan video pada web merupakan trend yang sedang meningkat di internet. Menggunakan FLV sebagai format video dan Flash sebagai player video memberi kemudahan dalam menyajikan konten video lewat internet. Dengan menempelkan video pada website dan dijalankan dengan flash player membuat video dapat ditonton kapanpun dan dimana pun.

Membuat aplikasi flash video player cukup mudah bila cuma menggunakan progressive download. Progressive download adalah teknik yang digunakan pada Youtube untuk memutar video. Video didownload dan langsung dijalankan tanpa harus menunggu video selesai di download. Selama video dijalankan , secara background flash mendownload bagian sisanya dan disimpan dalam buffer. Bagian video di dalam buffer ini yang akan diputar oleh Flash Player. Karena sudah lokal maka pemutaran video dari buffer bisa lebih cepat. Selain itu progressive download bisa melakukan cache pada video sehingga video tidak harus di download terlebih dahulu bila akan diputar lagi. Berikut adalah contoh kode action script untuk memasukkan flash video ke dalam flash player:

nc=new NetConnection();
nc.connect(null); // nilai null mengubah mode dari streaming ke progressive
ns= new NetStream();
vplayer.attachVideo(ns); //memasukkan object video kedalam video player
ns.setBufferTime(10); //mengeset buffer untuk mendownload bagian video sebesar 10 detik dari bagian pemutaran
ns.play("http://thinkrooms.com/myvideo.flv"); memutar video flash dari URL yg di input

Kekurangan progressive download adalah tidak dapat melihat bagian video yang belum didownload oleh player. Dengan kata lain kita harus menunggu video untuk mendownload hingga selesai bila kita hanya ingin melihat bagian belakang video. Untuk itu dikembangkan teknik lain yaitu PSEDUO HTTP Streaming. Teknik ini memasukkan meta-tag atau kode yang memberi informasi bagian-bagian video. Dengan memberi url request http://thinkrooms.com/myvideo.flv?start=10 maka player langsung mengambil video dimulai dari bagian 10. Maksud bagian 10, saya belum tahu apakah ini maksudnya 10 detik atau 10 frame. Dengan demikian kita bisa melihat bagian video yang mana saja tanpa harus menunggu hingga bagian tersebut selesai di download. Teknik ini membutuhkan bantuan PHP atau web server seperti APACHE dan LIGHTTPD.

Kemampuan flash dijalankan di web hingga di handphone membuat kita dapat membuat aplikasi multimedia yang dapat dijalankan dimana saja. Kelebihan ini membuat populeritas flash melonjak naik. Ada isu pembelian Macromedia oleh Adobe dikarenakan teknologi flash video. Namun apapun itu, teknologi flash yang terus berkembang memberi kemudahan kita sebagai developer dalam mengembangkan aplikasi lebih mudah dan lebih baik.

Referensi:

  1. http://www.adobe.com/devnet/flash/video.html
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/Flash_Video

We have 54 comments in this post, add more by leave yours below.

  1. setahu saya, flash lite 3.0 sudah mendukung untuk video. dan prospek untuk kedepannya. sangat memanjakan pengguna mobile.

  2. Betul.. FlashLite 3 memang mendukung video, namun keterbatasan hardware pada perangkat mobile membuat perangkat mobile tidak dapat menjalankan dengan mulus video resolusi tinggi. Tapi feature ini sangat berguna karena sekarang YouTube bisa diakses dari handphone.

  3. bagaimana kalo sourcenya di kirimkan ke email kiuw?

  4. Belum jadi phoel. Diatas itu cuma sample saja. Blum dibuat programnya. Nanti klo sudah dibuat bisa diatur.

  5. Salam kenal boss..

    Sekarang lagi ribut2 blocking Youtube, orang2 selalu membicarakan bagaimana mem-bypass blocking. Belum ada yang terpikir untuk membuat sendiri video sharing. Gimana mas? Saya mendukung nih.

  6. Untuk membuat video sharing sih membutuhkan space yg sangat gede. Sedangkan hosting di Indonesia kapasitasnya kecil-kecil. Yang segiga aja bisa kena biaya ratusan ribu perbulan. Gimana web kita mo idup, biayanya mahal banget. Trus bandwidth broadband internet indonesia masih terbatas di kota gede. Untuk daerah yg masih dial-up gak kepake deh video sharing. Coba saya tinggal di luar negeri, bikin server sendiri aja dirumah masih memungkinkan. Disini, cuman sekedar mimpi. Ya mudah2an tar bisa terwujud.

  7. Bisa nggak video sharing menggunakan file system virtual semacam GmailFS?

  8. flash bisa menstreaming video hanya dengan 2 sumber yaitu protokol RTMP yaitu protokol streaming, dan protokol HTTP. Jadi selama file system virtual bisa memberikan URL dengan menggunakan salah satu protokol maka filesytem tsb bisa digunakan untuk video streaming. Untuk GmailFS apakah ada URL file video dengan protokol HTTP? Klo ada maka harusnya bisa digunakan untuk video streaming.

  9. ada yang tau ga gmn caranya bikin situs video streaming gitu menggunakan PHP, trus kalo mau hosting situs video streaming gitu,kalo di server Indonesia ga bisa ya???

  10. Sebenarnya PHP cuma bisa digunakan untuk parsing lokasi nama video ke flash video player dan mengelola video-video tersebut. Jadi untuk upload, hapus, rename, dan pengelolaan video lainnya bisa menggunakan PHP. Sedangkan untuk memutar video pada browser menggunakan flash video player. Server indonesia sebenarnya bisa tapi dengan syarat server milik sendiri. Karena hosting-hosting Indonesia sangat tidak memadai kapasitasnya untuk menyimpan file-file video yang ingin disharing.

  11. Trus script php yang dibuat untuk proses kompresi file video pada servernya gimana? Klo yang buat muter video nya menggunakan komponen flash atau ada action script nya? Kalo yang dari phpmotion itu maksudnya gimana? Soalnya saya ada downloada tapi masih bingung cara make nya.
    Trima kasih atas jawabannya.

  12. Video harus diubah dulu ke video format flash video. Video format flash disimpan di server. Trus untuk muter video pake komponen dan action script yang contohnya seperti diatas. PHP tidak bisa convert video atau memutar video, tapi hanya untuk alat bantu untuk memberikan lokasi URL video yang ingin diputar. PHP Motion saya belum pernah nyoba tuh.

  13. Jadi yang mengkompres file video yang diupload di situs, disimpan di server trs dibrowser ada flash dengan action script utk mengkompres dan memutar video nya ya? Tutorial yang bahas secara lengkapnya ada ga ya?Ada action script yang lengkap cara buat media pemutar video.Trima kasih.

  14. Coba cari tutorial di situs adobe disitu banyak article flash yang bagus tapi dalam bahasa inggris

  15. saya punya software HFS, kegunaan program ini untuk sharing file antar jaringan LAN tapi apa bisa di masukan video streaming krn prog.ini menggunakan bhs HTML, tolong dong kasih tau gimana caranya spy video streaming bisa jalan di program ini HFS http://www.rejetto.com/hfs/
    thanks before

  16. Mungkin bs tp dengan syarat video anda convert ke file yang bs distreaming. Misalnya format real video, atau flv. Biasanya begitu kita meng-klik file di web browser dia akan menanyakan Open atau Save As. Jadi pilih open dengan aplikasi video player anda. Real Player atau Windows Media Player biasanya akan menstreaming file bila memungkinkan.

  17. Kalo spt pd situs indowebster.com itu pake apa ya?
    Kebetulan ada server Linux komplit dg Apache, Php & MySQL. kalo pgn dijadiin server spt indowebster.com itu mesti di install apa ya?? aq mo bikin site spt itu utk jaringan LAN.
    pd indowebster.com dsitu bisa liat langsung video (spt pd Youtube) tapi jg bisa donlot file .avi nya.

  18. Sebenarnya konsepnya sama dengan Youtube. Jadi pake flash player seperti yang saya tulis diatas tp kita dibolehin upload file video apa aj yang didukung server mereka. nantinya setelah diupload oleh server akan di encoding ke format .flv agar bisa di streaming dengan flash video player. Diserver tuh diinstalling ffmpeg. Kalau di linux dan keluarganya encoding video dari format satu ke yang lain cukup dengan command line. Jadi kalau pake PHP bisa manggil perintahnya dengan exec() . Tapi encodingnya kalau bisa dilakukan di komputer lain. Jangan di server yang sama dengan web server karena akan sangat membebani webserver. Mudah-mudahan bisa dipahami.

  19. makasih penjelasannya mas..
    sepertinya saya bisa memahami, tp ada ga program/paket yg lengkap untuk kebutuhan tsb tanpa hrs instal & seting sana-sini. maklum newbie bgt dlm hal linux :D
    Aq pake Ubuntu, mungkin ada paket yg bs lgsg diinstalkan pake ‘apt-get’?
    Thanks.

  20. mm.. paketnya apa ya. Saya ga hapal. Yang pasti siapin dulu web server. di ubuntu klo ga salah pas pertama nginstall dikasih pilihan mo nginstall server apa. Pilih aja web server nanti smua dah siap.
    Klo ffmpeg coba aja apt-get install ffmpeg. Klo dah ada di repository pasti bakalan masuk. Klo nggak coba cari repository yang memasukkan ffmpeg. Smoga sukses.

  21. mas Tyohan…..
    saya teknisi cctv. suatu saat saya dpt permintaan dari PT. TS surabaya untuk membroadcast CCTV-nya, dan sudah berhasil di lihat di internet dengan web-server bawaan CCTV. Tp, sekarang TS menginginkan design web sendiri seperti http://jakartacityview.com
    bagaimana cara codingnya mas?

  22. Wah kalo caranya harus ngoprek web servernya tuh biar tau gimana cara nampilinnya. Mungkin bisa juga pake PHP di capture bagian output video aja trus di tampilin ke web kita.

    Kalau berminat untuk dibantu bisa kontak saya via email. Terima kasih.

  23. OK……..
    mas udah lihat http://jakartacityview.com ? klo mas bisa bantu, Saya sangat berminat sekali.

  24. ada kursusnya ga yahhh….?

  25. Mas tyo… kebetulan saya dengan temen megah vision. Saya di Solo, jadi kuli di telkom Solo. Saat ini di sini lagi diminta mengintegrasikan CCTV milik DLLAj yang sudah exist ke web base seperti yang suda running untuk IP Cam. Alamat yang sudah online ada di http://www.solocityview.com/

    Topologi yang dipakai di DLLAJ Solo itu begini. CCTV -> Video Server milik ACTI -> modem jedot yang terhubung ptp baru kemudian ada 1 pc control di CCROM. Untuk Webbasednya kemaren kita sudah coba pake Streaming Enginge bawaan ACTI dan bisa. Cuman masalahnya, user harus login untuk melihat. KIra-kira gmn ya maennya? Sama apa bisa itu di buffer biar lebih enteng di sisi client.

    Nuwun

  26. Kalau liat dari webnya kayaknya metode yang digunakan bukan streaming video tp update berkala gambar. Jadi selang beberapa detik gambar terbaru diambil dari server dan ditampilkan di web.

    Untuk menggunakan streaming sebenarnya seperti saya jelaskan diatas bahwa bisa dengan protokol streaming atau http. Kalau protokol streaming aplikasi di server harus mendukung, misalnya menggunakan flash media server, atau real.

    Kalau menggunakan protokol http harus menggunakan file yang mendukung seperti flash video yang dapat diputar pada web dengan flash video player.

    Masalahnya kalau menggunakan engine bawaan pasti sedikit ribet. Kecuali engine streaming memang mendukung cara diatas untuk streaming ke web.

  27. mas saya mw ngebngun server bwt video on demand, kira2 apa aja yang dibuthin bwt itu smw(hardware,software, dll) utk linux dan untuk windows ap?sy msh krg ngerti konsepnya..mhon bantuannya..

  28. Kurang lebih mungkin kayak youtube gitu butuh server yang cukup besar berhubung video tuh ukurannya cukup besar.

    Kalo pengen kayak youtube yang automatis meng-convert video yang diupload gitu pastinya butuh server yang canggih karena untuk meng-convert video ke type video yang siap dimainkan bisa memakan waktu berjam-jam untuk video berdurasi panjang.

    Software yg udah ada dan bisa bebas digunakan saya kurang tau, tapi biasanya aplikasi web gini didevelop sendiri oleh pemilik web. Pilihan server Linux atau Windows sebenarnya ga pengaruh karena aplikasi web bisa jalan diatas kedua OS tersebut.

  29. iya klo bwt aplikasi webnya itu udh psti,kl framework php yg ringan ap y mas?? trs yg g ngerti itu konfigurasi bwt diservernya kyak gmn?ap cuma ngistall video player doang gtu apa ad yang lain???msh awam neh mas hehe..mhon bantuan coz ni bwt tugas akhir:)

  30. Kalo framework yang ringan bisa nyobain codeigniter atau Yii

    Kalau masalah konfigurasi yang harus belajar sistem operasi. Kalau pengen pake Linux ya harus belajar administrasi server Linux. Saran saya sih Tugas Akhir klo ngambil kayak gini pasti cakupannya terlalu luas.

    Pada intinya harus belajar ngesetup web server dulu sebelum belajar web. Kalo ga pengen ribet pake aja yang paketan kayak xampp atau wamp.

  31. Mas, saya sering melihat di televisi reporter tv melakukan live report dengan gambar terpatah-patah. Sepertinya itu menggunakan teknologi streaming. Kalo iya, saya ingin tahu bagaimana itu bisa dilakukan. Apa program atau aplikasinya. Apa saja yang dibutuhkan jika saya ingin live report yang langsung dapat di siarkan stasiun tv secara live. Dan bagaimana agar gambar yang diterima tidak patah-patah. Mohon penjelasannnya. Terima kasih

    • kalo ga salah bisa pake flash media server dari Adobe. Flash Media Server akan meng-relay dan melakukan real time encoding yang kemudian di broadcast dan bisa distream dengan flash video player atau aplikasi streaming lainnya.

      Masalah gambar yang patah-patah itu kemungkinan kerena masalah jaringan yang tidak mampu mentransfer streaming dengan baik. Bisa jadi karena bitrate video yang distreaming lebih besar dari kapasitas jaringan. Solusinya gunakan jaringan berkecepatan tinggi atau bisa menurunkan bitrate encoding video yang akan distreaming. Semoga membantu.

  32. gimana ya cara termudah membuat video flash supaya bisa tampil di website kita…?.

    • Cara paling mudah buat nampilin video di web.
      1. Upload ke Youtube, atau video site lainnya.
      2. Copy paste embed code dari video site ke website dimana kita ingin menampilkan video-nya.

  33. dibaca dari atas sampe bawah sedikit terjawab masalah saia,

    cuman masih ada ganjalan untuk saia tanyakan ke mas. sekiranya berikan saia pencerahan.

    jadi begini mas, saia pengen share video format avi, mpeg, dat, dll menggunakan web. sedangkan peralatan yg saia pake wamp + mesin wordpress. sampe saat ini saia blom menemukan solusi bagaiman format video tersebut bisa tayang di komp client, tapi kalo untuk format flv udah bisa bisa jalan.

    untuk itu apa yg harus saia siapkan untuk dapat manayangkan format video avi, mpeg, dat di web server

    trimakasih

    • Beberapa format video seperti mpeg tidak dapat distreaming atau dengan kata lain format tersebut mengharuskan untuk mendownload keseluruhan file sebelum bisa dimainkan. Untuk dapat menayangkan beragam format video di website maka diperlukan converter yang akan mengubah format file yang tidak dapat distreaming menjadi format video yang dapat distreaming misalkan ke format flv.

      Untuk converter opensource bisa menggunakan ffmpeg atau untuk komersil bisa menggunakan flash video converter. Jadi setiap aplikasi melakukan upload file yang tidak dapat distreaming maka aplikasi harus melakukan konversi pada file tersebut. Yang ditampilkan di browser adalah video hasil konverter buka file aslinya .

  34. mas..kalo kita mau bikin web tv sendiri gmn?
    yang didalam nya terdapat kumpulan2 video dijadikan satu dan di siarkan layaknya program tv yang berjalan..
    atas jawabannya saya tunggu dan tolong bgt di kirimkan ke email..
    terima kasih banyak mas sebelumnya

    • Web tv bagaimana? Video on demand atau live tv internet? Kalau video on demand tuh kayak youtube ya bikinnya pake teknologi flash platform digabungkan dengan bahasa pemrograman web seperti PHP. Kalau live tv streaming ya anda harus menggunakan server streaming multimedia misalnya adobe flash media server.

      Note: Maaf saya tidak melayani reply via email karena keterbatasan waktu dan akan lebih baik bila orang lain dapat membaca komentarnya disini.

  35. Menambah wawasan,tapi bagaimana ya dgn scriptnya?apakah diperlukan software khusus?

  36. Mas Tyo,
    Kalau kita bikin uploader video. Tapi gak diperlukan conversi. Jadi user bisa upload video avi, mpg, flv dll dan gak perlu dikonversi ke flv. tapi nanti memainkannya dengan masing2 player dari jenis file video tsb.
    Kalau seperti itu bukan streaming ya ?? Maaf newbi.
    Apa yang perlu dipersiapkan dari sistem aplikasi nya ( PHP cs). Untuk hosting2 di indonesia bisa gak ?? kalau model seperti ini ( tidak perlu konversi )
    Thx atas jawabannya.

    • Masalahnya ga semua format video punya player yang bisa memutar langsung video tersebut tanpa harus mendownload keseluruhan file. Cuma beberapa format video saja yang bisa seperti FLV, real media, dan quick time. Dari php sih sepertinya ga terlalu banyak, paling cuma pengaturan video aja seperti peng-kategorian, atau informasi mengenai video yang ada.

  37. kalau mau buat website dengan salah satu kontentnya video conference, yang saya tahu harus pakai server RTMP, kalau di indonesia yang menyediakan layanan hosting RTMP dimana ya?

  38. Iya betul, mungkin untuk live streaming seperti video conference perlu menggunakan server dan aplikasi khusus yang bisa melakukan encoding realtime pada sumber video ke format yang dapat distreaming. Misalnya menggunakan Flash Media Server.

    Untuk layanan hosting RTMP sepertinya tidak tersedia di Indonesia. Mungkin harus menyewa virtual private server atau dedicated server dan meng-setup sendiri.

  39. Saya masih bingung cara mengatur durasi video pakai flash versi 8.0
    cara’a gi mna mas?

  40. MOHON PENJELASAN DARI PARA PROFESIONAL, SAYA MENGINGINKAN VIDEO STREAMING LIVE DI WEBSITE, BAGAIMANA CARANYA?

    Langsung dari webcam ke web internet.

    CONTOH : http://www.traxonsky.com/streamingpage/streaminglive.html

    menampilkan siaran radio (video) langsung dari studionya’

    Program APA SAJA YANG DIBUTUHKAN? (Software Aplikasi Lokal yang dijalankan di Server untuk Broadcast)

    Adakah layanan free server Video Streaming?
    Kalo berbayar kena berapa server untuk video streaming kaya diatas, Mohon bantuan infonya :)

  41. mas sofware apa ya untuk mengetahui frame per second pada video conference…

    • Biasanya itu ada bawaan dari software yang digunakan untuk video conference. Saya juga ga tau aplikasi apa yang punya informasi frame rate pada video conference.

  42. mas thoyan saya mw buat video conference dengan flash, gmana caranya ya? ktanya pke FMS ya, bisa kasih step2 bwt konfigurasinya ngga? trus utk link download FMSnya sendiri dmana ya?

    mhon bantuannya mas..
    lagi buat TA nih,,
    hehe…

    • Step by step juga saya ga hapal, coba cari how to atau tutorial di google cara bikinnya. Pasti banyak kok. Coba dengan keyword “How to video conference with flash”

  43. halo mas, mau tny nih : kalo buat media player pake Java Media Framework gimana sih??? dan nti nya, si media player itu streaming.
    thanks ya ^_^. di tunggu bls nya.

  44. mas, mau tanya, ada gak yah CMS/script gratis utk membuat tv streaming/video streaming website. klo ada, boleh tuh mas diemail ke saya

Connect with us

thinkrooms on Facebook

Related Post


Fatal error: Class 'TPostList' not found in /home/thinkroo/public_html/thinkrooms.com/wp-content/themes/thinkrooms2010/mvc/models/TPost.php on line 311